Seminar Universitas PGRI Semarang, entrepreneurship 2014

Font Size: 
MENUMBUHKAN KARAKTER WIRAUSAHA MELALUI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN MEDIA MATEMATIKA
Sutrisno Sutrisno

Last modified: 2014-09-28

Abstract


Indonesia negeri yang kaya akan sumber daya alam dan kaya akan sumber daya manusia Ditengarai terjadinya dekadensi moral disebabkan oleh kelemahan sistem pendidikan dalam membentuk kepribadian anak didik yang perlu ditanggulangi dengan menanamkan nilai-nilai moral untuk membentuk karakter. Hal tersebut terjadi karena sistem pendidikan yang mementingkan aspek kognitif semata, penilaian lebih menekankan aspek pengetahuan, sedangkan sikap dan keterampilan kurang begitu diperhatikan, sehingga juga diperlukan memunculkan wacana tentang dibutuhkannya pendidikan karakter yang bisa dilihat dari penilaian sikap dan keterampilan peserta didik. Di sisi lain banyak pengangguran dan makin kecil peluang untuk mendapatkan pekerjaan bagi para lulusan sekolah di Indonesia diperlukan inovasi pengajar dalam pembelajaran untuk menumbuhkan karakter siswa seperti kerja keras,tanggung jawab,ulet,jujur, dan seterusnya, dalam karakter tersebut bisa dirangkum sebagai karakter kewirausahaan. Karakter kewirausahaan perlu ditumbuhkan pada mahasiswa di Indonesia untuk mengatasi pengangguran, sehingga dapat mengurangi kemiskinan dan mewujudkan pembangunan ekonomi dan kesehjateraan rakyat adalah karakter kewirausahaan. Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 240 juta baru memiliki sekitar 0,2% wirausahawan. Hal ini mengindikasikan bahwa jumlah wirausahawan di Indonesia masih sangat kecil dibandingkan dengan jumlah idealnya yaitu 2% dari seluruh populasi penduduk suatu Negara. Untuk membangun karakter kewirausahaan melalui internalisasi dalam kehidupan, pembelajaran di kampus dibutuhkan suatu kajian yang komprehensif mengenai potensi dari mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa. Ada mata kuliah yang wajib ditempuh oleh para calon guru matematika adalah mata kuliah kewirausahaan, komputasi dan workshop Matematika. Melalui mata kuliah komputasi dan workshop mahasiswa mampu berinovasi dalam pembuatan media Matematika Diharapkan melalui kajian dan analisis yang komprehensip dapat dihasilkan suatu rumusan tentang strategi pendekatan yang dapat dimanfaatkan dalam menginternalisasi nilai-nilai kewirausahaan melalui proses pembelajaran mata kuliah kewirausahaan agar mahasiswa mampu membuat media Matematika dan bagaimana memasarkannya. Selain itu, tulisan ini diharapkan pula dapat membuka wawasan para calon guru untuk berkiprah dibidang wirausaha, tidak sekadar menggantungkan citacita sebagai guru, yang peluang untuk bisa mendapatkan pekerjaan sebagai guru di sekolah makin sulit.

Kata Kunci : Pendidikan karakter, kewirausahaan, Media Matematika


Full Text: PDF