Seminar Universitas PGRI Semarang, entrepreneurship 2014

Font Size: 
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP FOTOSINTESIS
Vandalita Maria Magdalena Rambitan, Yunita Dwi usumawati

Last modified: 2014-09-28

Abstract


Penelitian untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Teams Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Biologi pada konsep Fotosintesis sudah dilakukan di kelas VIII SMPN 6 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan only posttest control group. Populasi penelitian terdiri dari 10 kelas yaitu kelas VIII–1 sampai dengan kelas VIII–10, sedangkan kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII–1 dan VIII–4 sebagai kelas eksperimen, serta kelas VIII–2 sebagai kontrol. Sampel ditentukan berdasarkan purposive sampling, masing-masing 30 siswa untuk kelas eksperimen TGT (VIII – 1), kelas eksperimen TAI (VIII – 4) dan kelas kontrol. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik menggunakan uji Anakova dibantu dengan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata perbedaan hasil belajar diperoleh nilai FHitung sebesar 48,24 sedangkan FTabel sebesar 2,70 pada taraf signifikan 0,05, dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Teams Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Biologi pada konsep Fotosintesis.


Kata Kunci : TAI, TGT, Hasil Belajar


Full Text: PDF