Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship II

Font Size: 
PENGARUH PERMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA MATERI SISTEM SARAF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR LOGIS SISWA KELAS XI
Tri Yuli Suci Chrismastya, Fenny Roshayanti, Muhammad Syaipul Hayat

Last modified: 2015-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kartu bergambar pada materi sistem saraf terhadap keterampilan berpikir logis siswa kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Juni 2015 dengan subjek penelitian kelas XI MIA 1 (36 siswa) sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 3 (32 siswa) sebagai kelas kontrol. Analisis data uji beda dua rerata (uji t) digunakan untuk melihat perbedaan rerata antara dua sampel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara keterampilan berpikir logis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan skor rata-rata t hitung 3.6652 dan t tabel 2.65. Dengan demikian penggunaan permainan kartu bergambar dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir logis siswa kelas XI pada materi sistem saraf.

Kata kunci: kartu bergambar, keterampilan berpikir logis


Full Text: 437-441