Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship II

Font Size: 
PEMBERDAYAAN ASISTEN PRAKTIKUM FISIOLOGI TUMBUHAN DALAM PROGRAM PEER ASSISTED LEARNING (PAL)
Sariwulan Diana, Nuryani Rustaman, Sri Redjeki, Iriawati Iriawati

Last modified: 2015-09-28

Abstract


Untuk menyiapkan mahasiswa asisten praktikum Fisiologi Tumbuhan yang handal, diperlukan upaya dosen mulai dari perekrutan dan pembekalan kepada asisten praktikum dalam rangka mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi praktikum yang terrangkum dalam program Peer Assisted Learning (PAL). Studi ini bertujuan untuk menunjukkan kemampuan asisten praktikum Fisiologi Tumbuhan dalam menjalankan program PAL sebagai bentuk pemberdayaan oleh dosen pembimbing praktikum, yang ditinjau dari taksonomi baru Marzano. Penelitian ini menggunakan desain mixed methods yang dilakukan dalam dua tahap. Tahap uji coba program dilakukan pada semester genap tahun 2010/2011 dan tahap implementasi program pada semester genap tahun 2011/2012. Pemberdayaan asisten untuk menyiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi praktikum Fisiologi Tumbuhan, menunjukkan bahwa kemampuan para asisten praktikum Fisiologi Tumbuhan sangat baik sejak uji coba program. Pada implementasi program PAL, kemampuan asisten dapat dikembangkan dengan sangat baik pada berbagai level pemrosesan, sejak seleksi, pembekalan praktikum, pelaksanaan praktikum, penilaian praktikum, pembekalan evaluasi sampai penyusunan soal.

Kata kunci: Peer Assisted Learning, Fisiologi Tumbuhan


Full Text: 417-427