Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship II

Font Size: 
Kemampuan berpikir kritis siswa kelas x SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto terhadap materi Biologi melalui pembelajaran berbasis Bioentrepreneurship
Fadhil Ardhiansyah, Iin Mutia, Tumisem Tumisem

Last modified: 2015-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X melalui berbagai pembelajaran, yaitu bioentrepreneurship, PBL, Video visual, praktikum, dan diskusi. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian quasi eksperiment. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest only control group design. Sebagai perlakuan pertama digunakan pembelajaran berbasis bioentrepreneurship pada kelas eksperimen, perlakuan kedua pada kelas kontrol dilakukan perlakuan pembelajaran PBL dan praktikum. Dari hasil penelitian menunjukkan, kemampuan berpikir kritis siswa pada semua kelompok yang terbagi menjadi beberapa indikator (6 indikator), tertinggi tercapai pada pembelajaran yang berorientasi pada entrepreneurship. Kemampuan berpikir kritis siswa setiap kelompok yang terbagi menjadi 6 indikator, melalui pembelajaran bioentrepreneurship, memiliki skor tertinggi, yaitu 73,33%, pembelajaran PBl 63,33%, dan pembelajaran praktikum 20%. Hal ini disebabkan pada pembelajaran berbasis entrepreneurship kemampuan berpikir kritis siswa lebih tinggi dengan orientasi produk yang laku jual.

Kata kunci: bioentrepreneurship, kemampuan berpikir kritis, orientasi produk yang laku jual.


Full Text: 232-239