Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship II

Font Size: 
Pembelajaran berbasis Bioentrepreneurship untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto
Iin Mutia, Tumisem Tumisem

Last modified: 2015-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X melalui berbagai pembelajaran yaitu bioentrepreneurship, PBL, Video visual, dan praktikum. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian quasi eksperiment. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest group design. Sebagai perlakuan pertama digunakan pembelajaran berbasis bioentrepreneurship (kelas eksperimen), perlakuan kedua pada kelas kontrol dilakukan perlakuan pembelajaran video visual, PBL, dan praktikum. Dari hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses sains siswa pada semua aspek KPS tertinggi tercapai pada pembelajaran yang berorientasi pada entrepreneurship. Keterampilan proses sains keseluruhan siswa pada setiap indikator (12 indikator) melalui pembelajaran bioentrepreneurship memiliki skor 86,7%. Hal ini disebabkan pada pembelajaran berbasis entrepreneurship motivasi siswa lebih tinggi dengan orientasi produk yang laku jual.

Kata kunci: bioentrepreneurship, motivasi, orientasi produk yang laku jual, keterampilan proses sains


Full Text: 34-39