Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship II

Font Size: 
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA/BIOLOGI BERBASIS DISCOVERY/INQUIRY DAN POTENSI LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN SIKAP ILMIAH SERTA MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN
Ibrohim Ibrohim

Last modified: 2015-09-28

Abstract


Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013 menginstruksikan agar dalam pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstul dan saintifik, dengan salah satu metode pembelajaran yang disarankan adalah diskoveri-inkuiri. Untuk lebih mengkontekstualkan pembelajaran IPA/Biologi agar lebih bermakna, maka penggunaan bahan/sumber belajar yang berasal dari lingkungan sekitar siswa sangat dibutuhkan. Terkait dengan hal tersebut dilakukan penelitian dan pengembangan pembelajaran IPA/Biologi di Kab. Pasuruan, Kab. Malang, dan beberapa daerah lainnya dengan tujuan untuk mengembangkan rancangan dan perangkat pembelajaran IPA (Biologi) berbasis diskoveri-inkuiri dengan menggunakan sumber/bahan ajar yang berasal dari kondisi/potensi lingkungan lokal. Penelitian ini melibatkan guru MGMP IPA, Mahaiswa S1 dan S2 Prodi Pendidikan Biologi FMIPA UM, selama TA 2013-2015. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kombinasi metode survei, penelitian pengembangan, dan melaui wahana kegiatan lesson study berbasis MGMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) telah berhasil diidentifikasi berbagai sumber/bahan ajar dari kondisi/potensi lingkungan lokal di Kab. Pasuruan, Kab. Malang, dan beberapa daerah lainnya; 2) telah berhasil disusun rancangan dan perangkat pembelajaran sains/biologi berbasis kondisi/potensi lokal; 3) hasil validasi dan ujicoba rancangan dan perangkat pembelajaran berbasis kondisi/potensi lokal menunjukkan bahwa rancangan dan perangkat pembelajaran sains/biologi di SMP berbasis diskoveri-inkuiri dengan sumber/bahan ajar kondisi/potensi lingkungan lokal memiliki nilai validitas tinggi (rerata ≥ 95%) dan tingkat ketelaksanaan pembelajaran melalui open class cukup tinggi (87,5%). Pembelajaran sains/biologi berbasis diskoveri-inkuiri dengan sumber/bahan ajar kondisi/potensi lokal dapat mendukung pencapaian hasil belajar di atas KKM (75%). Pembelajaran sains/biologi yang berhasil mengembangkan kemampuan berpikir siswa dengan menggunakan atau mengenalkan berbagai potensi daerah akan menjadi pendorong tumbuhnya jiwa-jiwa kewirausahaan pada peserta didik

Kata kunci: pengembangan pembelajaran, IPA/Biologi, diskoveri-inkuiri, kondisi/ potensi local, kewirausahaan


Full Text: 01-19