Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional LPPM UPGRIS Kerjasama PB PGRI, Komunitas DGM

Font Size: 
Game Edukasi Pengenalan Komponen Komputer Berbasis AndroidSebagai Pengembangan Media Pembelajaran
Astri Nur Indahsari, Agung Handayanto, Andi Priyolistiyanto

Last modified: 2018-07-05

Abstract


Metode pembelajaran pada materi  pengenalan komponen komputer
di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih terbatas pada model
konvensional berupa modul atau buku teks. Dalam pembelajaran materi
tersebut, keaktifan dan hasil belajar siswabelum tereksplorasi dengan baik
cenderung membosankan dan monoton dalam prosesnya. Sehingga
penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan media
pembelajaran berbentuk educationgame pengenalan komponen komputer,
untuk membantu siswa agar tidak jenuh dan monoton karena media
pembelajaran tersaji dalam bentuk  education game. Pengembangan media
pembelajaran berupa GameEdukasi ini , merupakan hasil penelitian
dengan menggunakan metode Research and Development(R&D).
Sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam merancang
bangun game edukasi materi  pengenalan komponen komputer berbasis
android, adalah model Analysis, Design, Development, Implementation,
dan Evaluation (ADDIE). Tools yang digunakan dalam merancang bangun
game edukasi ini antara lainUnity 3D, CorelDraw, Android SDK (Software
Development Kit). Hasil akhir produk ini telah diuji kelayakan dan
divalidasi oleh ahli game dan ahli materi.Berdasarkan hasil pengujian
terhadap game edukasi yang sudah dapat dijalankan di smartphone dan
PC, dinyatakan bahwa game edukasi pengenalan komponen komputer
dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran sehingga mampu membantu
proses belajar siswa SMK kelas X jurusann Teknologi komputer dan
jaringan (TKJ).
.
Kata Kunci  : Game Edukasi , PengenalanKomponenKomputer, ADDIE

Full Text: PDF