Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional LPPM UPGRIS Kerjasama PB PGRI, Komunitas DGM

Font Size: 
PENGEMBANGAN MOBILE AUGMENTED REALITY DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA
Achmad Buchori, Noviana Dini Rahmawati

Last modified: 2018-07-05

Abstract


Anak usia SMA adalah anak yang harus didampingi secara serius berkaitan bakat dan
minatnya. Selama ini pembelajaran matematika di jenjang SMA masih sedikit yang
menggunakan media augmented reality Salah satu tugas dan kewajiban bagi guru adalah
senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan memiliki inovasi-inovasi
dalam pembelajaran yang salah satunya ialah dengan menggunakan media pembelajaran agar
menarik bagi siswa, salah satunya adalah media MAR (Mobile Augmented Reality) yang
dapat memotivasi dan menumbuhkan minat siswa untuk lebih memahami suatu masalah
dalam bentuk realitas tertambah (augmented reality)yang diajukan dan dapat menimbulkan
imajinasi dan mempersiapkan stimulus berpikir kreatif anak.
Penelitian R & D ini bertujuan untuk mengembangkan media MAR (Mobile Augmented
Reality) materiruang dimensi tiga bagi siswa SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
produk MAR telah divalidasi oleh 2 orang validator ahli materi dan media pembelajaran
dengan skor rata-ratanya 85dan 90 artinya produk MAR layak untuk digunakan dalam proses
pembelajaran di SMA, telah diterapkan di SMA Walisongo Semarang, kemudian respon
minat belajar siswa belajar dengan MAR yaitu 35% memiliki minat belajar rendah, 50%
memiliki minat belajar sedang, dan 25% memiliki minat belajar tinggi..
Kata Kunci : MAR (Mobile Augmented Reality, Ruang dimensi tiga, SMA


Full Text: PDF