Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2018

Font Size: 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENGEMBANGAN PRIBADI KONSELOR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING SKILLS MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS MURIA KUDUS)
Edris Zamroni, Deka Setiawan

Last modified: 2018-07-21

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah: (1) mendeskripsikan validitas bahan ajar mata kuliah pengembangan pribadi konselor untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa, (2) menjelaskan  respon mahasiswa dan dosen terhadap penggunaan bahan ajar mata kuliah pengembangan pribadi konselor untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa, dan (3) menjelaskan keterampilah berpikir tingkat tinggi mahasiswa dalam mata kuliah pengembangan pribadi konselor menggunakan strategi pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian Reseacrh and Development dengan langkah penelitian yang diadopsi dari Borg dan Gall dengan modifikasi. Langkah pertama meliputi studi pendahuluan, kajian teori, dan analisis kebutuhan. Langkah kedua adalah melakukan pengembangan produk. Adapun langkah ketiga adalah menguji atau memvalidasi produk yang dikembangkan kepada pakar. Langkah terakhir meliputi uji coba produk secara terbatas dan secara luas. Bahan ajar mata kuliah  pengembangan pribadi konselor akan divalidasi oleh tiga validator, yaitu pakar bimbingan dan konseling, pakar problem based learning, dan pakar kebahasaan. Penilaian dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian bahan ajar sesuai BSNP. Uji coba skala terbatas dilakukan pada 2 kelas pararel mahasiswa dimana masing masing digunakan sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan tujuan untuk memperoleh beberapa masukan mengenai bahan ajar yang dipakai.

Full Text: PDF