Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2018

Font Size: 
OPTIMALISASAI PERAN GURU BK DALAM MEMBENTUK PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA DI ERA DISRUPSI
Desi Maulia, Yuni Nafa Amalinda

Last modified: 2018-07-21

Abstract


Era disruptif akhir – akhir ini menjadi kata yang sering dibicarakan masyarakat. Disruptif bukan sekedar fenomena hari ini saja, melainkan fenomena hari esok yang dibawa oleh para pembaharu ke saat ini. Menjawab harapan terhadap kompetensi dasar yang perlu dikuasai siswa dalam menghadapi era disruptif, maka Guru Bimbingan Konseling sebagai sosok professional perlu mempersiapkan dengan cepat, penuh strategi dan dengan penuh inovasi mengenai sosok yang dapat bertahan dan keluar menjadi pemenang di era ini. Salah satu modal dasar yang perlu ada pada siswa adalah sikap saling menolong pada siswa untuk akhirnya mampu berkolaborasi dan menciptakan inovasi baru. Perilaku menolong dalam konteks keilmuan dikenal sebagai perilaku prososial. Perilaku Prososial berkisar dari tindakan altruism yang tanpa pamrih atau tidak mementingkan diri sendiri sampai tindakan menolong yang sepenuhnya dimotivasi oleh dirinya sendiri. Tanpa kepedulian untuk saling menolong, maka kerjasama akan sulit terwujud.

Full Text: PDF