Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2018

Font Size: 
LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI BIDANG LAYANAN PUBLIC
Sri Adi Nurhayati, Sesya Dias Mumpuni

Last modified: 2018-07-21

Abstract


Beberapa manusia segera menyelesaikan pekerjaan yang diberikan kepadanya untuk menghindari beban tambahan di perkerjaan berikutnya, namun ada beberapa manusia yang menunda untuk menyelesaikan  pekerjaan yang diberikan kepadanya dengan berbagai alasan. Mereka lupa bahwa menunda suatu pekerjaan hanya mengalihkan beban untuk sementara waktu dan akan menambah beban di pekerjaan berikutnya. Kebiasaan seperti ini dikenal dengan prokrastinasi. Prokrastinasi juga secara langsung mempengaruhi kinerja karyawan. Kinerja karyawan dilihat dari hasil kerja mereka secara kualitas dan kuantitas sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akibat prokrastiansi terhadap kinerja karyawan kantor pelayanan public dalan hal ini adalah kecamatan tegal timur. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan adalah mix  method. Penggunaan data secara kualitatif dengan menggunakan studi kasus diharapkan dapat mendalam  dan mengena pada aspek yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Kemudian dilakukan pendekatan kuantitatif yang digunakan sebagai perhitungan skala sikap  prokrastinasi kerja karyawan kelurahan di kecamatan Tegal Timur dan skala sikap kinerja karyawan kelurahan di kecamatan Tegal Timur. Dalam kurun waktu enam bulan diharapkan telah tercapai perubahan pada kinerja karyawan kelurahan di kecamatan Tegal Timur melalui teknik Rational Emotif dan Cognitive Behavior, data yang didapat dapat mewakili kondisi kinerja karyawan kelurahan di kecamatan Tegal Timur. Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja karyawan kelurahan di kecamatan Tegal Timur meningkat.

Full Text: PDF