Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2018

Font Size: 
PERBEDAAN PERILAKU PROSOISAL DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA PENGURUS OSIS DAN SISWA BUKAN PENGURUS OSIS
Yanuar Catur Khozali

Last modified: 2018-07-21

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada banyak siswa yang kurang mampu memunculkan perilaku prorsosialnya dan komunikasi yang baik, terutama siswa pengurus OSIS mereka cenderung lebih baik dibandingkan dengan siswa bukan pengurus OSIS di SMA N 1 Comal Pemalang ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang belum bisa memunculkan perilaku prososial yang dimilikinya serta komunikasiyang kurang terjalin baik dengan siswa lainnya siswa masih cenderung memiliki rasa acuh tak acuh, kurang toleransi terhadap teman menjadikan kurangya peduli terhadap teman sebaya, siswa belum bisa memberikan pertolongan kepada siswa lain yang membutuhkan bantuan. Siswa belum mampu dan belum bisa merasakan apa yang sedang dirasakan orang lain, serta belum terjalinnya komunikasi dengan baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Comal dengan jumlah 416 siswa. Kelas XI MIPA 3 adalah kelas yang dipergunakan untuk tryout. Sampel dalam penelitian yaitu 40 siswa kelas XI, 20 siswa pengurus OSIS dan 20 siswa yang bukan pengurus osis dan juga bukan anggota dari ekstrakurikuler yang ada di sekolah, diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala prososial dan skala komunikasi interpersonal. Dari hasil wawancara dan observasi, disimpulkan bahwa dengan adanya bantuan dari guru BK dengan menggunakan layanan-layanan yang ada diharapkan siswa bisa memunculkan perilaku prososial dan keterampilan komunikasi yang baik, tidak ada bedanya antara siswa pengurus osis dengan siswabukan pengurus osis

Full Text: PDF