Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2018

Font Size: 
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII SMP N 4 PEMALANG
Monica Nurma Sari, Dini Rakhmawati, Farikha Wahyu Lestari

Last modified: 2018-07-21

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan sikap kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pemalang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pemalang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pemalang dengan jumlah 317 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Variabel yang digunakan ada dua yaitu bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama sebagai variabel bebas, yang dilambangkan dengan (X) dan disiplin siswa sebagai variabel terikat yang dilambangkan dengan (Y). Metode pengumpulan data dalam menggunakan skala berupa skala disiplin siswa dengan menggunakan empat alternatif pilihan yaitu sangat setuju (SS), setuju (S), tidak setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS). Metode penelitian yang digunakan dalam mencari dan menentukan validitas menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil uji validitas skala psikologis disiplin siswa dari 32 butir pernyataan terdapat 20 butir yang valid. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Pemalang, tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian kedua variabel telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik Korelasi Product Moment dengan taraf signifikan 0,05 %, Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dari data hasil penilaian skala psikologis tentang disiplin siswa menunjukan rhitung11,565  > rtabel 2,045. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pemalang”.

Full Text: PDF