Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2018

Font Size: 
ANALISIS KARAKTERISTIK GENERASI ALPHA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN KARIR DI ERA DISRUPSI
Eem Munawaroh, Kusnarto Kurniawan

Last modified: 2018-07-21

Abstract


Generasi Alpha merupakan sebutan untuk generasi yang lahir setelah tahun 2010 yang disebut pula sebagai generasi digital. Pada generasi ini, teknologi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari yang mempengaruhi cara hidup dan perilaku. Generasi alpha memiliki karakteristik perilaku yang fokus pada kreativitas, dinamis, kepemimpinan, dan memiliki tanggungjawab pada pemilihan karirnya di masa depan, kemandirian dalam membuat keputusan, dan keterlibatan teknologi dalam berbagai profesi yang dijalani. Perkembangan teknologi dan kecepatannya telah mengubah nilai-nilai yang ada di sekolah. Perubahan nilai dan konsep yang terjadi pada dunia persekolahan sangat penting untuk diamati karena fungsi sekolah sebagai lembaga formal transfer ilmu pengetahuan terhadap generasi baru. Untuk merespon terhadap perubahan tersebut, maka perlu adanya perubahan dalam pelaksanaan pendidikan yang dapat membantu generasi alpha untuk beradaptasi secara positif dengan lingkungan digital. Tujuan pembuatan artikel ini adalah untuk menganalisis karakteristik pada generas alpha dan implikasinya terhadap layanan bimbingan karir di era disrupsi. Metode atau kerangka kerja yang digunakan adalah studi pustaka. Dapat disimpulkan bahwa generasi alpha merupakan generasi yang multitasiking, digital native, tidak suka aturan, kreatif, dan fleksibel. Konten layanan karir yang dilaksanakan harus dapat membantu generasi alpha mencapai kesuksesan karir diantaranya adalah keterampilan interaksi horizontal, keterampilan managerial, dan keterampilan problem solving.

Full Text: PDF