Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2018

Font Size: 
SCHOOLMEDIA SEBAGAI ALTERNATIF PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI ERA DISRUPSI
Mochammad Yusuf Hasyim

Last modified: 2018-07-21

Abstract


Usaha pendidikan bermuara pada peningkatan mutu sumber daya manusia yang mempunyai kesinambungan antara aspek spiritual dan aspek material menuju tatanan masyarakat yang sejahtera. Lebih lanjut bahwa pendidikan merupakan proses penyempurnaan diri manusia secara terus menerus. Kehadiran teknologi diharapkan dapat melengkapi arah penyempurnaan diri manusia dalam proses pendidikan. Namun pada kenyataannya pemanfaatan teknologi belum sepenuhnya memberikan nilai positif terhadap dunia pendidikan pada umumnya, khususnya terhadap diri manusia itu sendiri.Pertumbuhan dan perkembangan teknologi dengan segala fasilitas serta dampak yang ditimbulkannya seolah tidak dapat dibendung keberadaannya. Kehadirannya sangat memanjakan bagi para pengguna untuk menikmatinya. Tak pelak dalam dunia pendidikan juga terkena dampak kemajuan teknologi tersebut. Melihat fenomena seperti itu, tentunya harus dicari jalan keluar untuk mengatasi permasalahan itu. Salah satunya adalah dengan meminimalisir dampak negataif dari kemajuan teknologi melalui teknologi itu sendiri. Seperti menghadirkan inovasi baru dalam pemanfaatan teknologi yang dapat menyeimbangkan antara dampak negatif dan positif teknologi informasi dalam dunia pendidikan khususnya pelayanan Bimbingan dan Konseling. Schoolmedia hadir menjawab tantangan tersebut dengan memberikan fasiltas kemudahan dalam dunia pendidikan, baik secara administratif, aplikatif maupun implementatif yang diperlukan oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan. SchoolMedia juga menyediakan fasilitas untuk jejaring sosial yang terintegrasi dengan dunia pendidikan, yang dapat dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang terlibat dalam pendidikan. Akibat yang dimunculkan oleh teknologi baik yang positif maupun negatif tentunya harus dikelola dengan baik. Saat teknologi itu memberikan nilai positif bagi peserta didik sudah barang tentu akan terus kita dorong untuk lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi. Namun sebaliknya jika kemajuan teknologi itu membawa akibat negatif, tentunya kita tekan atau minimalisir dampak yang akan ditimbulkannya.

Full Text: PDF