Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2018

Font Size: 
KORELASI COPING STRESS DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA FULL DAY SCHOOL PADA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI I JUWANA
Dwi Meina Archiandita

Last modified: 2018-07-21

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada sebagian besar siswa yang merasa belum siap diterapkannya sekolah sehari penuh, sebab merasa waktu bermain berkurang sedangkan waktunya hanya dihabiskan untuk belajar di sekolahan, hal itu menjadikan waktu siswa tersita karena setiap hari siswa harus mengikuti kegiatan di sekolah mulai pukul 06.45-16.00 WIB sehingga menimbulkan stres, rasa lelah dan jenuh yang tidak bisa dihindari lagi. Sehingga diduga dari adanya sekolah sehari penuh dapat berpengaruh pada motivasi belajar siswa maka diperlukan penanganan agar proses belajar didalam sekolah menjadi produktif dan siswa mempunyai motivasi belajar yang tinggi sehingga meningkatkan semangat dan dorongan siswa untuk mempelajari sesuatu hal sehingga tujuan belajar yang diinginkan akan tercapai secara maksimal. Serta tingkat stres, rasa lelah dan jenuh harus diatasi dan hal tersebut diduga berpengaruh pada dukungan sosial yang dapat meningkatkan motivasi sehingga mengurangi dampak stres. Maka dari itu dukungan orang tua juga diperlukan sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa sebagai seorang siswa di sekolah.

Full Text: PDF