Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional dan Bedah Buku

Font Size: 
MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK
Titik Haryati, Rahmat Sudrajat

Last modified: 2014-05-21

Abstract


Model pembelajaran project citizen merupakan salah satu model yang diterapkan dalam kurikulum 2013 dikarenakan model ini memiliki banyak kelebihan diantaranya, model ini mernbina pembelajaran AJEL (Active, Joyful, Efektif, Learning), yang multi M3SE (materi, media, metode, sumber dan evaluasi) karena didalamnya mencakup berbagai ragam jenis kegiatan, media dan sumber serta pola evaluasinya diperuntukan untuk suatu tema/bahasan yang sama atau sejenis menjadi satu paket kegiatan belajar siswa (KBS) besar ataupun kecil sebagai sub target sehingga melahirkan KBS yang saling mengkait dan utuh.

Pada kurikulum 2013 model pembelajaran project citizen sangat tepat terutama pada mata pelajaran PPkn Karena bebasis pada masalah, siswa akan dibawa pada masalah-masalah yang muncul pada kenyataan siswa dan siswa diharapkan mampu membuat satu keputusan sampai menyelesaikan masalah tersebut hal ini sesuai dengan pendekatan scientific dalam kurikulum 2013. AdapunĀ  langkah-langkah pendekatan scientific adalah mengamati, menanya, menalar, mencoba dan membentuk jejaring.

Model Pembelajaran project citizen mampu mengembangkan Pendidikan karakter siswa sebagai warga negara. Pendidikan karakter itu sendiri harus bergerak dari knowing menuju doing atau acting. Salah satu penyebab ketidakmampuan seseorang berlaku baik meskipun ia telah memiliki pengetahuan tentang kebaikan itu (moral knowing) adalah karena ia tidak terlatih untuk melakukan kebaikan (moral doing). Berangkat dari pemikiran ini maka kesuksesan pendidikan karakter sangat bergantung pada ada tidaknya knowing, loving, dan doing atau acting dalam penyelenggaraan pendidikan karakter.

Full Text: PDF