Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional dan Bedah Buku

Font Size: 
MODEL PROBLEM POSING BERBASIS KARAKTER PADA PEMBELAJARAN MATEMAIKA DI SD
Ervina Eka Subekti

Last modified: 2014-05-21

Abstract


Pendidikan matematika di sekolah dasar dijadikan suatu pedoman untuk mampu menguasai materi pelajaran yang berbeda di jenjang berikutnya. Banyak faktor yang berpengaruh pada kualitas pembelajaran sekolah dasar. Guru merupakan faktor paling utama penentu kualitas pembelajaran (Rosenshine & Furst, 1971) atau penerap prinsip mengajar yang tepat (Brophy & Good, 1986). Dalam pembelajaran matematika, problem posing (pengajuan soal) menempati posisi yang strategis. Siswa harus menguasai materi dan urutan penyelesaian soal secara mendetil. Hal tersebut akan dicapai jika siswa memperkaya pengetahuannya tak hanya dari guru melainkan perlu belajar secara mandiri. Pada prinsipnya, model pembelajaran problem posing adalah suatu model pembelajaran yang mewajibkan para siswa untuk mengajukan soal sendiri melalui belajar soal (berlatih soal) secara mandiri sehingga tanpa disadarai hal ini juga akan membentuk karakter siswa. model problem posing berbasis karakter merupakan model pembelajaran yang bisa menumbuhkan pola berfikir kritis sekaligus menanamkan karaker pada siswa SD, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu model yang dapat diterapkan dalamĀ  pembelajaran matematika di SD


Full Text: PDF