Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN AFEKTIF BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Woro Sumarni, Hesti Widya Prasida, Sri Susilogati Sumarti

Last modified: 2017-07-14

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian berbasis literasi sains untuk mengukur literasi sains siswa pada materi larutan penyangga yang valid dan reliabel. Instrumen digunakan untuk mengukur literasi sains siswa  pada materi larutan penyangga. Produk yang  dihasilkan  meliputi  instrumen tes pilihan ganda beralasan  untuk mengukur kemampuan  kognitif dan  angket sikap terhadap sains untuk mengukur dimensi afektif.  Instrumen  untuk mengukur dimensi kognitif yang meliputi aspek konten dan proses sains  terdiri atas 30 butir soal  dan lembar angket untuk mengukur dimensi afektif  terdiri atas 23 butir pernyataan terkait aspek sikap siswa terhadap sains . Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R & D) dengan model ADDIE. Berdasarkan hasil validasi  oleh  ahli dihasilkan instrumen penilaian untuk mengukur literasi sains siswa  yang layak digunakan dengan rerata persentase kelayakan sebesar 83,00% dengan kategori layak. Hasil perhitungan reliabilitas soal tes yang diperoleh menggunakan rumus KR-20 sebesar 0,7951. Demikian juga untuk angket sikap terhadap sains yang dikembangkan  juga dinyatakan layak berdasarkan penilaian ahli dan reliabilitas lembar angket yang diperoleh menggunakan rumus Cronbach’s Alpha adalah sebesar 0,8958.

 

Kata kunci: instrumen penilaian, literasi sains, model ADDIE

Full Text: PDF