Last modified: 2017-07-14
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian berbasis literasi sains untuk mengukur literasi sains siswa pada materi larutan penyangga yang valid dan reliabel. Instrumen digunakan untuk mengukur literasi sains siswa pada materi larutan penyangga. Produk yang dihasilkan meliputi instrumen tes pilihan ganda beralasan untuk mengukur kemampuan kognitif dan angket sikap terhadap sains untuk mengukur dimensi afektif. Instrumen untuk mengukur dimensi kognitif yang meliputi aspek konten dan proses sains terdiri atas 30 butir soal dan lembar angket untuk mengukur dimensi afektif terdiri atas 23 butir pernyataan terkait aspek sikap siswa terhadap sains . Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R & D) dengan model ADDIE. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli dihasilkan instrumen penilaian untuk mengukur literasi sains siswa yang layak digunakan dengan rerata persentase kelayakan sebesar 83,00% dengan kategori layak. Hasil perhitungan reliabilitas soal tes yang diperoleh menggunakan rumus KR-20 sebesar 0,7951. Demikian juga untuk angket sikap terhadap sains yang dikembangkan juga dinyatakan layak berdasarkan penilaian ahli dan reliabilitas lembar angket yang diperoleh menggunakan rumus Cronbach’s Alpha adalah sebesar 0,8958.
Kata kunci: instrumen penilaian, literasi sains, model ADDIE