Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS UNITY OF SCIENCES PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN KELAS VII MTs
Siti Mukholifatul Umroh, Lulu Choirun Nisa, Nadhifah Nadhifah

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

Penelitian pengembangan ini didasarkan pada masalah dikotomi ilmu yang berimbas pada pemahaman peserta didik yang terpisah antara ilmu sains dan matematika dengan ilmu agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis Unity of Sciences. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap utama, yaitu (A)nalysis, (D)esain, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Modul ini diuji kevalidannya oleh tiga pakar dan satu guru MTs Hasyim Asy’ari Bangsri. Hasil dari validasi adalah rata-rata persentase 85% dengan kategori cukup valid dan perlu dilakukan sedikit revisi. Hasil kepraktisan modul diperoleh dari penilaian tanggapan peserta didik dan guru yang memperoleh rata-rata nilai 3,3 dan 3,2 dari skor maksimal 4 dengan kategori baik, sehingga modul praktis untuk digunakan. Penilaian aspek kognitif peserta didik untuk menyatakan keefektifan modul, diperoleh dari analisis n-gain, dan diperoleh nilai n-gain sebesar 0,63 dari skor maksimal 1 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa modul pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan kelas VII MTs berbasis Unity of Sciences memiliki kualitas yang baik.

Kata kunci : modul, pengembangan modul, himpunan, unity of sciences


Full Text: PDF