Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
Analisis Kemampuan Berpikir Logis dan Motivasi Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio Visual Bermuatan Etnosains
Rohmaya N. Oktaviani, Sudarmin Sudarmin, M. Taufiq

Last modified: 2017-07-14

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir logis dan motivasi belajar siswa pada model pembelajaran kontekstual berbantuan media audio visual bermuatan etnosains. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kombinasi (Mixed Methods) dengan desain sequential explanatory. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII D (eksperimen 1) dan VIII F (eksperimen 2) SMP Negeri 13 Semarang. Hasil penelitian ini adalah (1) ketuntasan berpikir logis klasikal siswa kedua kelas eksperimen sebesar 90%, (2) motivasi belajar siswa kedua kelas eksperimen berada pada kategori sangat baik, baik, dan cukup, (3) motivasi belajar berpengaruh kuat terhadap kemampuan berpikir logis siswa sebesar 64% (kelas eksperimen 1) dan 59% (kelas eksperimen 2), (4) siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran kontekstual berbantuan media audio visual bermuatan etnosains. Simpulan dari penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada model pembelajaran kontekstual berbantuan media audio visual bermuatan etnosains berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir logis siswa.

Kata Kunci: Kemampuan berpikir logis, Motivasi belajar, Media audio visual, Etnosains, Model pembelajaran kontekstual


Full Text: PDF