Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD TEMA BUNYI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ILMIAH
Rahmania Sukmawati, Sudarmin Sudarmin, Novi Ratna Dewi

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model think pair share (TPS) berbantuan media couple card tema bunyi terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berkomunikasi ilmiah siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi-experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi yang didapatkan berdasarkan data posttest pemahaman konsep siswa adalah r =0,73. Hasil analisis uji t memperlihatkan thitung=10,15 dan ttabel=1,67 yang berarti bahwa model TPS berbantuan media couple card berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep siswa. Besarnya pengaruh model TPS berbantuan media couple card terhadap pemahaman konsep siswa ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (KD) sebesar 53,00%. Hasil analisis data kemampuan berkomunikasi ilmiah siswa menunjukkan nilai koefisien korelasi yang diperoleh adalah r=0,47. Hasil analisis uji t memperlihatkan thitung=6,30 dan ttabel=1,67 yang berarti bahwa model TPS berbantuan media couple berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berkomunikasi ilmiah siswa. Besarnya pengaruh model TPS berbantuan media couple terhadap kemampuan berkomunikasi ilmiah siswa ditunjukkan oleh  nilai koefisien determinasi (KD) sebesar 22,00%. Simpulan dari penelitian ini adalah model TPS berbantuan media couple card tema bunyi berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berkomunikasi ilmiah siswa.

 

Kata kunci: think pair share, couple card, pemahaman konsep, kemampuan berkomunikasi ilmiah.


Full Text: PDF