Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
KARYA CIPTA SISWA DAN REALISASI PEMBELAJARAN AKTIF
Hari Wahyono

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

 

Setiap pembelajaran harus berujung  pada hasil pembelajaran. Hasil pembelajaran merupakan perwujudan  proses belajar mengajar guna mencapai tujuan pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar, guru harus mampu menciptakan aktivitas dan kreativitas siswa. Aktivitas siswa merupakan ciri dari pembelajaran berpusat pada siswa (teacher centerd learning), sedangkan  kreativitas siswa adalah ciri siswa yang memiliki daya cipta dalam berkarya. Karya cipta siswa adalah  capain kompetensi tertinggi siswa sebagai muara dari tujuan pembelajaran. Untuk mampu berkaya cipta sesuai dengan tujuan, guru diharapkan selalu membiasakan dan merangsang  siswa untuk mencari, menemukan, merumuskan, serta menginformasikan kepada orang lain. Informasi yang disampaikan oleh siswa seyogyanya adalah karya cipta siswa sebagai realisasi pembelajaran aktif. Karya cipta siswa dapat diwadahi dalam berbagai hal,  misalnya diwadahi dalam  buku, pameran karya cipta siswa, pementasan karya kreativitas siswa, dan lain-lain. Karya cipta siswa dapat dijadikan sebagai  asa setiap guru dan siswa dan merupakan ujung dari pembelajaran, capaian kompetensi tertinggi siswa, serta sebagai wujud luaran proses belajar mengajar.

 

Kata kunci: pembelajaran aktif, belajar mengajar, karya cipa,


Full Text: PDF