Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN PENDEKATAN BARU SEBAGAI WUJUD PROFESIONALISME GURU DI ERA GLOBAL
Wahyu Hari Kristiyanto

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

 

Hal yang juga urgent untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran adalah media pembelajaran. Paper ini mendeskripsikan implementasi media pembelajaran dalam pembelajaran aktif dengan pendekatan baru. Pemaparan dilakukan secara deskriptif mengenai peran media pembelajaran dalam pembelajaran aktif serta kritik konstuktif terhadap penggunaan media pembelajaran yang umumnya berlangsung.  Dipaparkan bahwa pengaktifan belajar siswa dalam pembelajaran aktif terdiri dari dua hal yaitu aktif secara fisik dan kognitif. Pendekatan baru media pembelajaran aktif ini antara lain 1) Informasi yang ditayangkan media pembelajaran dengan akses indera yang sama akan saling berkontribusi negative sehingga penayangan gambar dan penjelasan tertulisnya dapat tayang secara bergantian; 2) Media pembelajaran harus mampu mengaktifkan kognitif, sehingga media pembelajaran slide presentasi perlu berisi tayangan pertanyaan sebelum tayangan pernyataan; dan 3) Dual code menyarankan penyajian audio dan visual secara bersamaan sehingga menulis di papan tulis perlu sambil mengejanya, atau membacakan/menjelaskan isi tayangan dari media tayang. Simpulan paper ini adalah media pembelajaran berperan penting dalam mengaktivasi aktivitas fisik dan kognitif dalam pembelajaran aktif dengan cara yang tepat. Implikasinya adalah perlunya desain tayangan yang saling menguntungkan dalam proses berpikir melalui indera-indera sensori pengakses informasi.

Kata kunci: media pembelajaran aktif, aktivitas kognitif, proses berpikir, dual code, pendekatan baru.


Full Text: PDF