Last modified: 2017-07-14
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran konsep energi dan perubahannya bermuatan etnosains pengasapan ikan terhadap peningkatan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan Quasi experiment dengan pretest-posttest control group design untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran pokok bahasan energi dan perubahannya bermuatan etnosains pada proses pengasapan ikan terhadap literasi sains siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Demak tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara proses pengasapan ikan dan tes literasi sains dalam bentuk soal esai. Hasil penerapan pembelajaran konsep energi dan perubahannya bermuatan etnosains dan perangkat pembelajarannya diperoleh peningkatan literasi sains berdasarkan nilai N-gin pada kelas eksperimen sebesar 0,443 (kategori sedang). Analisis dengan uji t berdasarkan hasil pretest diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,670 > 0,05 menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan pada nilai pretest kedua kelas, sedangkan nilai posttest antar kelas diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antar kedua kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran konsep energi dan perubahannya bermuatan etnosains pengasapan ikan efektif digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa.
Kata kunci: Etnosains; energi dan perubahannya; literasi sains; pengasapan ikan