Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PELATIHAN BESERTA FAKTOR PENENTUNYA
Slameto Slameto, Bambang S. Sulasmono, Krisma Widi Wardani

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa tinggi tingkat kinerja guru/ peserta pelatihan model in-on dan menemukan penentu kinerja guru/peserta pelatihan. Faktor yang dianalisis adalah kepemimpinan guru, kepeduliannya terhadap lingkungan dan komitmennya terhadap perbaikan lingkungan kerja/sekolah. Penelitian kuantitatif ini termasuk yang bersifat kausalitas. Sumber data adalah guru peserta pelatihan model in-on sebanyak 30 orang. Data dijaring menggunakan self-rating scale yang terdiri dari 32 items yang direduksi menjadi 4 variabel. Self-rating scale telah teruji valid (0.314 sampai 0.506) dan reliable (0.632) Selanjutnya data dianalisis secara descriptif dan infirensial berbantu program SPSS for windows version 24. Penelitian ini berhasil menemukan tingkat kinerja guru peserta pelatihan beserta faktor yang diduga menjadi determinannya; Sebagian besar mereka memiliki kinerja pada aras tinggi, memiliki tingkat kepemimpinan pada aras tinggi, memiliki kepedulian terhadap lingkungan aras sedang, dan memiliki komitmen cukup baik. Penelitian ini menemukan komitmen guru terhadap perbaikan lingkungan kerja/sekolah menjadi determinan kinerjanya. Sumbangan komitmen guru terhadap perbaikan lingkungan kerja/sekolah menjadi determinan kinerjanya sebesar 42,20%. Variabel kepemimpinan guru dan kepeduliannya tidak menjadi determinan kinerja guru peserta pelatihan model in-on.

 

Kata kunci: Pelatihan model in-on, kinerja, kepemimpinan, kepedulian, komitmen guru peserta pelatihan.


Full Text: PDF