Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI PERSPEKTIF KURIKULUM
Laila Fatmawati, Ika Maryani

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

 

Sekolah dasar adalah jenjang pendidikan yang paling penting karena pada jenjang ini peserta didik mulai menempuh pendidikan untuk pertama kalinya. Peserta didik tidak dapat melanjutkan ke jenjang SMP maupun SMA tanpa melalui jenjang sekolah dasar. Mengingat pentingnya pendidikan dasar, maka diperlukan suatu sistem pembelajaran yang mampu menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Namun fakta di lapangan menunjukkan masih banyaknya permasalahan yang muncul di jenjang ini. Dalam artikel ini, penulis akan mencoba mengidentifikasi berbagai problematika pembelajaran di sekolah dasar utamanya yang ditinjau dari perspektif kurikulum. Studi literatur digunakan sebagai metode penulisan artikel ini dengan menelaah beberapa hasil penelitian baik yang dilakukan penulis maupun hasil penelitian lain yang revelan. Melalui kajian ini diharapkan problematika pembelajaran di sekolah dasar yang ditinjau dari aspek kurikulum dapat teridentifikasi dan menjadi referensi bagi pengembangan solusi ataupun tindakan preventif lainnya.

 

Kata Kunci: Problematika, Sekolah Dasar, Kurikulum.


Full Text: PDF