Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
SKEMA KOGNITIF SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA TENTANG BALOK DITINJAU DARI TAHAPAN POLYA
Evi Yanti Angreini, Fika Widya Pratama, Helti Lygia Mampouw

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

Skema kognitif merupakan kerangka yang eksis di dalam pikiran individu untuk mengorganisasikan dan menginterpretasikan informasi. Makalah ini bertujuan mendeskripsikan skema kognitif siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang balok ditinjau dari tahapan Polya. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Terdapat 3 subjek dari kelas X SMA dengan masing-masing satu subjek berkemampuan matematika tinggi, sedang, rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek mengalami disekuilibrium, asimilasi, dan ekulibrium ketika memahami masalah. Pada tahap merencanakan masalah, ketiga subjek mengalami asimilasi dan ekuilibrium. Pada tahap melakukan rencana, subjek berkemampuan matematika tinggi mengalami asimilasi dan ekuilibrium untuk soal tentang kerangka balok, luas permukaan kubus dan luas permukaan balok. Subjek berkemampuan matematika sedang dan rendah mengalami asimilasi dan ekuilibrium untuk soal kerangka balok dan luas permukaan kubus, sedangkan pada soal luas permukaan balok mengalami akomodasi dan ekuilibrium. Tahap memeriksa kembali jawaban hanya dilakukan oleh subjek dengan berkemampuan matematika tinggi, yaitu pada proses asimilasi dan ekuilibrium. Tulisan ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang skema kognitif siswa, agar dalam melaksanakan pembelajaran guru dapat merancang pembelajaran aktif yang memperhatikan skema kognitif siswa.

 

Kata kunci: skema kognitif,  balok, tahapan Polya


Full Text: PDF