Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PADA MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Eni Zuliana Zuliana, Endah Rita Sulistya Dewi, Atip Nurwahyunani

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran outdoor learning learning pada model discovery learning terhadap motivasi belajar dan berpikir kritis.. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan populasi penelitian yang digunakan yaitu kelas X MIA SMA Negeri 1 Tahunan Jepara. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIA 2 sejumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sejumlah 34 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling dengan pertimbangan setiap kelas dan populasi dianggap sebagai kelas homogen yang artinya tidak ada kelas unggul. Desain eksperimen dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dalam bentuk Nonequivalent Kontrol Groupn Design. Hasil analisis uji T independen berdasarkan angket thitung = -3.878 dan ttabel = – 1.997 karena thitung < -ttabel, maka Ho ditolak atau dengan kata lain ada perbedaan antara motivasi belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil analisis uji T independen berdasarkan lembar observasi thitung = -9.726 dan ttabel – 1.997. Karena thitung < -ttabel, maka Ho ditolak atau dengan kata lain terdapat perbedaan antara motivasi belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil analisis uji T pretest – postest kelas eksperimen menunjukkan adanya pengaruh berpikir kritis siswa.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Outdoor learning, Discovery learning, Motivasi Belajar, Berpikir kritis, Pencemaran Lingkungan


Full Text: PDF