Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE CAKRAM PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Dwi Syifa’Urohmah, Endah Rita Sulistya Dewi

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

Penelitian tentang “Penggunaan Media Puzzle Cakram Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keaktifan dan hasil belajar siswa Materi Pencemaran Lingkungan tahun ajaran 2016/2017”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle cakram pada model pembelajaran problem based learning terhadap keaktifan dan hasil belajar materi pencemaran lingkungan. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang yang berjumlah 65 siswa, dan sebagai sampelnya adalah X.MIPA 1 dan X.MIPA 2 yang diambil secara random. Teknik pengumpulan data dengan teknik test dan teknik non test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas X MIPA 1 sebesar  79,7 dan kelas X MIPA 2 66, untuk nilai rata-rata keaktifan siswa kelas X MIPA 1 75% (keaktifan siswa tinggi) dan kelas X MIPA 2 64% (keaktifan siswa sedang).  Data yang terkumpul dianalisis menggunkan uji-t dengan taraf signifikan α= 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung =5,56979 > ttabel = 2,000 untuk hasil belajar, thitung =4,09381 > ttabel = 2,000 untuk keaktifan siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media puzzle cakram pada model pembelajaran problem based learning terhadap kekatifan dan hasil belajar  materi pencemaran lingkungan SMA PGRI 1 Taman Pemalang tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci: Media Puzzle, Problem Based Learning, Keaktifan, Hasil Belajar.

 


Full Text: PDF