Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL-HASIL PENGABDIAN 2017

Font Size: 
IbM GURU SMA N 16 SEMARANG
Eny Hartadiyati W.H, Rivanna Citraning R, Atip Nurwahyunani

Last modified: 2017-11-02

Abstract


Kementrian Lingkungan Hidup mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran wargasekolah sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup melalui program Adiwiyata. Pogram Adiwiyatabertujuan adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran danpenyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya), sehingga dikemudian hari warga sekolahtersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya – upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunanberkelanjutan (Sustainable Development). SMAN 16 berkomitmen untuk melaksanakan programAdiwiyata ,  namun, permasalahan yang tampak adalah (1) pelaksanaan program Sekolah Adiwiyatabelum secara komprehensif berpola pikir sutainability untuk mendukung sustainable development; (2)pelaksanaan program Sekolah Adiwiyata belum secara kompetitif yang ditandai dengan adanya programunggulan yg menjadi penciri Sekolah Adiwiyata. Tim pengabdian masyarakat  melakukan pendampinganbagi semua warga sekolah SMAN 16 (guru dan siswa) untuk mengembangkan “Sekolah BerwawasanLingkungan” kearah lebih komprehensif dan kompetitif, menjadi “Sekolah Berwawasan Lingkunganberpola pikir Sutainability”. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat IbM ini telah berlangsungintensif selama 3 bulan dengan kegiatan inti berupa pemberian materi penyuluhan mengenai konsepsutainability dalam pelaksanaan Adiwiyata, serta Mendampingi  Mitra untuk mewujudkan SekolahAdiwiyata berbasis sutainability melalui pemberdayaan Markisa, sebagai salah satu penciri di SMA N 16Semarang. Kegiatan pengabdian masyarakat dibagi menjadi beberapa tahap yaitu : perencanaan,sosialisasi, penyusunan program pendampingan, dan pelaksanaan kegiatan serta evaluasi program. Darihasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat IbM ini dapat disimpulkan bahwa IbM bagiguru dan siswa SMA N 16 mendapat respon positif, sehingga terealisasi pengembangan konsepsi programAdiwiyata menuju “Sekolah Adiwiyata Berwawasan Lingkungan Berpola Pikir Sutainability” melaluipemberdayaan markisa sebagai penciri sekolah Adiwiyata SMAN 16 sehingga program Adiwiyata diSMAN 16 menjadi lebih komprehensif dan kompetitif.

Kata kunci : adiwiyata, pengabdian, sustainability


Full Text: PDF 145-155