Seminar Universitas PGRI Semarang, Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study

Font Size: 
MENGGABUNGKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN MIND MAPPING YANG DIKEMAS DALAM KEGIATAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN DAYA SERAP SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA
Amin Suyitno

Last modified: 2012-08-09

Abstract


Matematika di sekolah memegang peran penting bagi siswa dalam mencapai keberhasilan di UN. Bagi sekolah-sekolah favorit, mencari siswa berkualitas bukan urusan sulit. Tetapi, untuk sekolah-sekolah non favorit, mencari siswa saja memerlukan perjuangan keras yang belum tentu berhasil. Di lain pihak, guru matematika juga harus berjuang keras agar para siswa sekolah non favorit tersebut berhasil lulus dalam ujiannya. Permasalahannya, bagaimana upaya guru agar mampu meningkatkan aktivitas belajar dan daya serap siswa dalam pelajaran matematika? Penulis menyodorkan ide untuk menggabungkan model pembelajaran Problem Posing dan Mind Mapping yang dikemas dalam bentuk kegiatan Lesson Study.

Problem Posing, adalah jenis model pembelajaran yang mengharuskan kepada siswa untuk mengajukan soal beserta penyelesaiannya. Dalam Mind Mapping, guru membentuk kelompok-kelompok kecil siswa. Tiap kelompok diminta untuk menyelesaikan tugas/soal menantang terkait dengan materi yang sedang dibahas. Setelah dikerjakan, perwakilan kelompok diminta untuk   memaparkan secara serentak hasil dari tugas guru.  Sedangkan sintaks dalam Lesson Study, pembelajaran dilaksanankan secara kolaboratif adalah melalui tahapan Plan, Do, dan See. Jadi, kegiatan pembelajaran harus dirancang dahulu, dilaksanakan, dan kemudian direfleksi. Saat diujicobakan di perkuliahan yang ditinjau juga oleh Tim Monev dari Dirjen Dikti, hasilnya adalah: (1) aktivitas belajar mahasiswa dapat meningkat, dan (2) hasil belajarnya juga meningkat. Diharapkan, hasil yang relevan juga akan diperoleh jika gabungan model pembelajaran Problem Posing dan Mind Mapping yang dikemas dalam bentuk kegiatan Lesson Study ini dilaksanakan di sekolah-sekolah.

Oleh karena itu, maka disarankan agar gabungan model pembelajaran Problem Posing dan Mind Mapping yang dikemas dalam bentuk kegiatan Lesson Study ini dapat dilaksanakan di sekolah-sekolah. Diharapkan,  aktivitas dan daya serap siswa dalam belajar matematika dapat ditingkatkan.

 

 

Kata Kunci: Problem Posing, Mind Mapping, Lesson Study, Matematika Sekolah

Full Text: PDF