Seminar Universitas PGRI Semarang, Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study

Font Size: 
PENGALAMAN LESSON STUDY : MUTASI GURU “KONSERVATIF” MENJADI GURU “KREATIF”
Agung Purwoko

Last modified: 2012-08-09

Abstract


Pelatihan-pelatihan yang dirancang akan dilaksanakan untuk mengembangkan kompetensi guru banyak dilakukan. Pelatihan-pelatihan tersebut berkaitan dengan tugas pokok guru yaitu model pembelajaran inovatif, penilaian berbasis kelas, penulisan karya tulis ilmiah, penyusunan silabus, penyusunan RPP, analisis hasil penilaian, pembelajaran remidial, penyusunan program tindak lanjut dan penelitian tindakan kelas. Pelatihan-pelatihan tersebut pada umumnya tidak implementatif, tanpa program tindak lanjut yang jelas, sehingga setelah pelatihan guru kembali pada kegiatan rutinnya menyelesaikan SK-KD dalam pembelajaran di kelasnya.

Kelebihan Lesson Study sebagai upaya berkelanjutan pembinaan profesionalitas guru, merupakan alternatif pendekatan yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kompetensi guru, baik kompetensi paedagogik, profesional, personal dan kemasyarakatan. Tahapan Plan-Do-See dalam praktek Lesson Study Berbasis MGMP dan sekolah memungkinkan adanya ruang untuk terjadinya peningkatan kompetensi guru dalam menyususn RPP, menerapkan pembelajaran inovatif, melaksanakan pendekatan kolaborasi dalam penilaian, pengembangan media dan sumber belajar, mengenali karakteristik siswa dan mengembangkan komunikasi belajar di antara guru-guru di sekolah maupun di MGMP.

Kata kunci : Lesson Study, konservatif, kreatif

 


Full Text: PDF