Seminar Universitas PGRI Semarang, Optimalisasi Pemahaman Sains Sebagai Upaya Pembangunan Pola pikir dan Perilaku Ilmiah Berkarakter

Font Size: 
OPTIMALISASI KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENGEMBANGAN LKS SAINS INTEGRASI KARAKTER BERBASIS Assisting Parents of Guided Learning (APGL)
Endah Rita S. D, Sumarno Sumarno, Prasetiyo Prasetiyo

Last modified: 2012-12-20

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan keterampilan proses siswa melalui pengembangan LKS sains terintegrasi karakter berbasis assisting parents of guided learning (APGL). LKS berbasis assisting parents of guided learning ini menitikberatkan pada pengoptimalan pendampingan orang tua dan guru dalam membimbing belajar siswa dalam mengerjakan LKSnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diawali dengan studi pendahuluan, dilanjutkan dengan tahapan pengembangan dan pengujian. Subjek yang digunakan dlam penelitian ini adalah siswa SD Assalamah Ungaran kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan adalah valid dengan rata-rata 3,4 dan keefektifan diperhatikan dari aspek keterbacaan baik dengan prosentase 82,35%, kemudahan penggunaan dan pencarian alat dan bahan yang mendukung kerja LKS mudah didapatkan, selain itu LKS ini telah mampu merangsang siswa untuk mengajak siswa berpikir kritis dan analisis, mengembangkan kemampuan psikomotor dan ketrampilan social siswa, untuk keterlaksanaan LKS dinyatakan baik diperhatikan dari IP 3,4 dan IO 3,6. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan adalah valid dan efektif untuk mengoptimalkan ketrampilan proses dan mewujudkan kesinambungan pelaksanaan pembelajaran antara orang tua dan guru.

 

Kata Kunci : LKS APGL, Karakter, Ketrampilan Proses Sains