Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI
Yeni Permatasari

Last modified: 2018-11-14

Abstract


usif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas pembelajaran dan lingkungan
belajar terhadap ketuntasan belajar mata pelajaran Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK
Negeri 2 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan
kuesioner (Angket). Data tersebut diperoleh melalui angket yang diberikan kepada responden yaitu Siswa
Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Semarang dengan sampel 84 dari 107 populasi. Dari hasil penelitian
secara parsial 1) kualitas pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap ketuntasan belajar siswa kelas XI
Akuntansi dengan nilai thitung 2,196 > ttabel 1,9893. 2) lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap
ketuntasan belajar siswa kelas XI Akuntansi dengan nilai thitung 6,106 > ttabel 1,9893. 3) kualitas pembelajaran
dan lingkungan belajar secara simultan berpengaruh terhadap ketuntasan belajar siswa kelas XI Akuntansi
dengan nilai Fhitung 32,248 > Ftabel 2,72.
Kata Kunci : Kualitas Pembelajaran, Lingkungan Belajar, Ketuntasan Belajar.

Full Text: 897-902