Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
eSport dan Literasi Digital
Setiyawan Setiyawan

Last modified: 2018-11-14

Abstract


eSport merupakan bentuk olahraga digital. Konsep eSport masuk dalam cabang olahraga memang masih diperdebatkan, akan tetapi pada dasarnya hampir sama dengan catur maupun bridge, eSport membutuhkan pembelajaran, latihan, dan keterampilan motorik. Di bawah pengawasan badan/Lembaga tertentu eSport dapat digunakan sebagai media Pendidikan yang sesuai untuk memberikan pengetahuan, maupun sumber literasi digital tertentu. eSports tertentu bisa dianggap sebagai bentuk permainan yang menyiratkan unsur pembelajaran baik secara motorik maupun kognitif. Oleh karena itu eSport sebenarnya masih dalam ranah Pendidikan jasmani, karena eSport memenuhi unsur aktivitas fisik berupa motorik dan kognitif, di samping itu juga eSport bisa digunakan sebagai salah satu aktivitas rekreasi tetapi dengan mempertimbangkan aspek sosial berupa interaksi dan perilaku pada masyarakat.

Kata kunci: eSport, Literasi Digital


Full Text: 883-886