Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI MELALUI MODEL PERMAINAN 4 ON 4 PADA SISWA KELAS XI SMA PGRI 1 PATI
Bagas Akhirohman

Last modified: 2018-11-14

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya pengetahuan, ketrampilan, sikap yang dimiliki siswa SMA
mengenai permainan bola voli secara baik dan benar. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti
menggunakan modifikasi perminan 4 on 4. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada peningkatan hasil
belajar bola voli setelah diberikan pembelajaran dengan model permainan 4 on 4 pada siswa kelas XI SMA PGRI
1 Pati. Desain penelitian yang digunakan adalah pre experiment design dalam bentuk one group pre-test and posttest design. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu berupa lembar penilaian pengetahuan, lembar penilaian
sikap, lembar penilaian ketrampilan dan RPP. Hasil dari penelitian pembelajaran menggunakan modifikasi
permainan 4 on 4 dipeoleh hasil berupa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dibandingkan dengan
pembelajaran konvesional. Sedangkan pada pembelajaran bola voli diperoleh hasil yaitu ada perbedaan rata-rata
nilai praktek siswa kelas XI IPA 7 dan IPS 4 SMA PGRI 1 Pati. Hal ini diketahui karena peneliti mengambil hasil
akhir belajar yaitu post-test. Ada perbedaan nilai teori kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Diketahui bahwa
nilai teori kelas eksperimen sebesar 85,278 lebih besar dari kelas kontrol sebesar 71,028, maka dapat disimpulkan
kelas eksperimen lebih baik meningkatkan nilai teori dibandingkan dengan kelas kontrol. Ada perbedaan nilai
sikap kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Diketahui bahwa nilai sikap kelas eksperimen sebesar 85,278 lebih
besar dari kelas kontrol sebesar 71,028, maka dapat disimpulkan kelas eksperimen lebih baik meningkatkan nilai
sikap dibandingkan dengan kelas kontrol. Kelas kontrol sebesar 69,333 dan niai kelas perlakuan sbesar
86,167.Diketahui nilai Sig. adalah 0,000<0,05 maka Hoditolak, maka dapat disimpulkan kelas perlakuan lebih baik
meningkatkan nilai ketrampilan dibandingkan dengan kelas kontrol.
Kata kunci: Hasil Belajar Bola Voli, Model Permainan 4 on 4 Bola Voli

Full Text: 667-682