Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (Student Teams Achievment Division)BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAPMATERI RENANG GAYA DADA PADA KELAS X SMA NEGERI 1 GODONG
Krisna Atliana Dewi, Osa Maliki

Last modified: 2018-11-14

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Adakah keefektifan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) berbantu
media audio visual terhadap materi renang gaya dada pada kelas X SMA N 1 Godong. Jenis penelitian ini merupakan
eksperimen semu pemilihan sampel pada True Eksperimental Design tipe Pretest-Posttest Control Group Design dengan
pemilihan sampel kemudian diberi Pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen
dan kelompok kontrol. Berdasarkan perhitungan uji t dua pihak diperoleh = 2,7012. Dari daftar distribusi t dengandb =
35 + 35 – 2 = 68 dan taraf nyata 5% diperoleh = 1,9954. Karena > (2,7012>1,9954) maka Ho ditolak dan
Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) berbantu media
audio visual efektif terhadap materi renang gaya dada. Saran yang dapat penulis sampaikan supaya model STAD (Student
Team Achievement Division) berbantu media audio visual dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Kata kunci: Model STAD, Renang Gaya Dada, Media Audio Visual

Full Text: 559-565