Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JUMO
Ulfananta Ayu Pratiwi

Last modified: 2018-11-14

Abstract


Pembelajaran lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga yang masuk dalam kurikulum pendidikan di sekolah, oleh karena itu dalam meningkatkan minat dan antusias siswa dalam pembelajaran diperlukan media dan metode yang efektif, sehingga hasil belajar lompat jauh siswa dapat mencapai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini antara lain 1) Bagaimana pembelajaran penjasorkes melalui media audiovisual dan metode demonstrasi yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok? 2) Apakah media audiovisual efektif untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok? 3) Apakah metode demonstrasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media audiovisual dan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jumo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain control group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jumo. Sampel yang digunakan ada dua kelas yang setiap kelas berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes kognitif dan tes psikomotor. Analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pembahasan dalam penelitian ini adalah 1) pembelajaran penjasorkes melalui media audiovisual dan metode demonstrasi yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Tampak dari nilai pretest dan posttest baik aspek kognitif maupun psikomotor mengalami peningkatan. 2) media audiovisual efektif untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata kognitif dan psikomotor (pretest dan posttest) kelas X1 yaitu 71,96 menjadi 83,37 dan 76,43 menjadi 78,87. 3) metode demonstrasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata kognitif dan psikomotor (pretest dan posttest) kelas X2 yaitu 66,06 menjadi 74,87 dan 75,75 menjadi 82,75. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran penjasorkes melalui media audiovisual dan metode demonstrasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII SMP N 1 Jumo.

Kata Kunci : Media Audiovisual, Demonstrasi, Hasil Belajar, Lompat Jauh


Full Text: 526-533