Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI PERMAINAN SEPAKBOLA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUBAH
Wisnu Wardana

Last modified: 2018-11-14

Abstract


Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa materi permainan sepakbola dari hasil data di lapangan menunjukkan sekitar 65% dari jumlah 36 siswa masih belum memenuhi KKM. Maka dari itu perlu adanya terobosan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif model teams games tournament terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi permainan sepakbola siswa kelas X SMA Negeri 1 Subah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Pre Experimental Design dengan One-Group Pretes-Posttest Design. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian pretest dan posttest menunjukkan adanya perbadaan rata-rata, motivasi belajar diperoleh pretest 66,75 dan posttest 80,25 meningkat 13,5%. Hasil belajar kognitif, pretest 60,94 dan posttest 80,6 meningkat 19,66%. Afektif 76,11. Psikomotor pretes 61,8 posttest 75,51 meningkat 13,71%. Berdasarkan hasil uji t diketahui thitung , motivasi belajar ( -7,955 dan sig (p)= 0,000 < 0,05), Kognitif (-14,199 dan sig (p) = 0,000 < 0,05), psikomotor (-7,314 dan sig (p) = 0,000 <0,05). Jadi dapat disimpulkan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament efektif terhadap motivasi dan hasil belajar pada materi permainan sepakbola siswa kelas X SMA Negeri 1 Subah.

Kata kunci : Motivasi, Hasil belajar, Teams Games Tournament, Sepakbola.


Full Text: 491-497