Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PASAR RELOKASI KAWASAN MASJID AGUNG JAWA TENGAH TAHUN 2018
siti Amanah

Last modified: 2018-11-11

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh turunnya pendapatan pedagang di pasar relokasi kawasan MAJT, Lokasi pasar relokasi kawasan MAJT tidak banyak diketahui oleh konsumen, dan persaingan harga yang ketat. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif kesimpulannya diperoleh pada hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di pasar relokasi kawasan MAJT yang seluruhnya berjumlah 171 responden dengan teknik pengambilan probability sampling. Hasil uji regresi linier berganda menunjukan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan taraf signifikansi 0,023 < 0,05, lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan taraf signifikansi 0,015 < 0,05, inovasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan signifikansi 0,000 < 0,05, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Harga, lokasi, inovasi, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara simultan dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah : 1) Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di pasar relokasi kawasan MAJT, 2) Lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di pasar relokasi kawasan MAJT, 3) Inovasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di pasar relokasi kawasan MAJT, 4) Promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di pasar relokasi kawasan MAJT.

Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Harga, Lokasi, Inovasi, Promosi


Full Text: 372-380