Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEARSIPAN SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PGRI 01 SEMARANG
Lukman Dwi Setyawan

Last modified: 2018-10-31

Abstract


Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran kearsipan siswa kelas X administrasi
perkantoran SMK PGRI 01 Semarang, Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh yang signifikan antara minat belajar
terhadap hasil belajar (2) adakah pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar (3)
adakah pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar (4) adakah pengaruh yang
signifikan antara kreativitas belajar terhadap hasil belajar (5) adakah pengaruh yang signifikan antara
lingkungan sekolah terhadap hasil belajar.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa
kelas X Administrasi Perkantoran SMK PGRI 01 Semarang yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi. Uji instrumen dalam penelitian ini menggunakan
uji validitas dan uji reliabilitas data. Uji asumsi klasik terdiri dari uji multikolinearitas dan uji
heteroskedastisitas. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi.
Hasil penelitian: 1) Minat belajar terhadap hasil belajar, diketahui nilai thitung 2,843 dengan tingkat signifikan
sebesar 0,006 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, yang artinya minat belajar siswa
berpengaruh positif terhadap hasil belajar. 2). Motivasi belajar terhadap hasil belajar, diketahui nilai thitung 2,437
dengan tingkat signifikan sebesar 0,018 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 diterima, yang artinya
motivasi belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil 3). Fasilitas belajar terhadap hasil belajar, diketahui
nilai thitung 2,534 dengan tingkat signifikan sebesar 0,014 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima,
yang artinya fasilitas belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar 4). Kreativitas belajar terhadap
hasil belajar, diketahui nilai thitung 3,810 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat
disimpulkan bahwa H4 diterima, yang artinya kreativitas belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar
5). Lingkungan sekolah terhadap hasil belajar, diketahui nilai thitung 3,335 dengan tingkat signifikan sebesar
0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H5 diterima, yang artinya lingkungan sekolah berpengaruh
positif terhadap hasil belajar.


Kata Kunci: Minat, Motivasi, Fasilitas, Kreativitas, Lingkungan Sekolah Dan Hasil Belaj


Full Text: 38-146