Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PPKn SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMA NEGERI 10 SEMARANG
Hesti Eka Pratiwi, Rosalina Ginting

Last modified: 2018-10-31

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah kenyataan bahwa kerusakan lingkungan terjadi dimana-mana, perlu
adanya kesadaran untuk peduli terhadap lingkungan hidup. Salah satu cara untuk menyadarkan masyarakat
adalah dengan pendidikan karakter yang diimplementasikan dan diintegrasikan dalam kegiatan belajar mengajar
sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang fungsi pendidikan nasional,
yaitu sebagai upaya dalam mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa. Berdasarkan latar
belakang tersebut perlu dilakukan penelitian tentang “Implementasi Pendidikan Karakter dalam PPKn sebgai
Upaya Pencegahan Kerusakan Lingkungan Hidup di SMA Negeri 10 Semarang”.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam PPKn sebagai
upaya pencegahan kerusakan lingkungan hidup di SMA Negeri 10 Semarang. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui penerapan pendidikan karakter dalam PPKn sebagai upaya pencegahan kerusakan lingkungan Hidup
di SMA Negeri 10 Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 10 Semarang dengan guru
PPKn dan beberapa sampel siswa sebagai subyek penelitian. Fokus penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang
diintegrasikan dan diimplementasikan dalam PPKn, cara mengimplementasikan pendidikan karakter dalam
PPKn, kendala implementasi pendidikan karakter dalam PPKn dan solusi yang diberikan guru PPKn sebagai
upaya mencegah kerusakan lingkungan hidup di SMA Negeri 10 Semarang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) guru PPKn sudah mengintegrasikan dan mengimlementasikan
pendidikan karakter dalam kegiatan belajar mengajar, 2) guru menggunakan cara langsung dengan model
pembelajaran pembiasaan dan keteladanan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter, 3) kendala yang
dialami guru dalam implementasi pendidikan karakter adalah masih adanya siswa yang melanggar aturan
sekolah terutama dalam hal kedisiplinan berseragam, 4) guru memberikan teguran terhadap siswa yang tidak
tertib sebagai solusi dalam mencegah kerusakan lingkungan hidup.
Saran untuk Guru PPKn perlu meningkatkan implementasi nilai-nilai karakter yang dapat mencegah kerusakan
lingkungngan hidup religius, kedisiplinan, cinta tanah air, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab
agar siswa-siswi di SMA Negeri 10 Semarang menjadi anak yang memiliki karakter baik dan dapat mencegah
kerusakan lingkungan hidup. saran untuk siswa-siswi SMA Negeri 10 Semarang harus lebih disiplin dalam
menaati peraturan tata tertib sekolah dan melestarikan lingkungan hidup dimanapun.


Keywords : Character education, PPKn, Environment


Full Text: 111-122