Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
ANALISIS PENERAPAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SEMARANG
Nensie Fatimah

Last modified: 2018-10-31

Abstract


Skripsi yang berjudul “Analisis Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Guru PPKn SMA Negeri 2 Semarang”
dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa masih banyak ditemukan guru yang belum
menguasai keterampilan dasar mengajar atau belum mampu untuk mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar secara
utuh, demikian pula guru PPKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan keterampilan dasar
mengajar guru PPKn di SMA Negeri 2 Semarang. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah menganalisis penerapan
keterampilan dasar mengajar guru PPKn di SMA Negeri 2 Semarang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah
metode penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa jenis – jenis keterampilan dasar mengajar yang diterapkan oleh guru PPKn adalah
keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan membimbing
diskusi kelompok kecil, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, keterampilan mengelola kelas, dan
keterampilan mejelaskan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru PPKn SMA Negeri 2 Semarang telah menerapkan
8 keterampilan dasar mengajar, hanya saja ada beberapa komponen yang penerapannya masih kurang dan ada pula komponen
yang belum diterapkan.


Kata kunci: Keterampilan Dasar Mengajar, Guru PPKn SMA


Full Text: 101-104