Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KAJIAN KUALIFIKASI AKADEMIK DAN PENGEMBANGAN DIRI (STUDI KASUS GURU PRODUKTIF AKUNTANSI KELAS XI SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN)
Saefah Hanik

Last modified: 2018-10-31

Abstract


Tuntutan kemampuan profesional diperuntukan bagi seluruh tenaga pendidik termasuk diantaranya
adalah guru produktif akuntansi SMK PGRI 03 Randudongkal, Kecakapan keahlian guru SMK dapat
dilihat melalui kualifikasi akademik yang dimiliki serta pengembangan diri yang dilakukan guru, Guru
profesional SMK berbeda dengan guru pada sekolah umum, khususnya guru produktif. Guru produktif
dituntut memiliki komptensi yang sesuai dengan perundang-undangan dan mengusai kompetensi
kecakapan keahlian sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif, dengan sumber data Kepala Sekolah, Waka
Kurikulum, Guru Produktif Akuntansi, Teman Sejawat, dan Siswa Kelas XI SMK PGRI 03
Randudongkal yang menjadi subjek penelitian. Dari data penelitian ini diperoleh dari wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan waktu. Hasil
penelitian menunjukan bahwa Kondisi kompetensi professional guru produktif akuntansi SMK PGRI 03
Randudongkal ditinjau dari kualifikasi akademik dan pengembangan diri, sudah baik dan professional,
karena guru paham perlunya melakukan peningkatan kompetensi professional dan guru tersebut sudah
berupaya melakukan program pengembangan-pengembangan diri untuk mencetak lulusan yang
berkulitas dan banyak terserap didunia kerja. Hal ini diperkuat dengan adanya sertifikat kompetensi yang
dimiliki guru.

Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Kualifikasi Akademik, Pengembangan Diri


Full Text: 23-30