Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL KEINDONESIAAN III

Font Size: 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK ANAK BANGSA BERPERILAKU EKONOMI INDONESIA
Erlinda Susanti

Last modified: 2018-10-31

Abstract


Pendidikan ekonomi memegang peranan penting dalam membentuk generasi Indonesia yang mampu
berpikir kritis mengenai kondisi ekonomi di sekitarnya dengan tetap berpedoman pada Pancasila dan
UUD 1945. Hal tersebut harus didukung oleh bahan ajar yang berkualitas. Oleh karena itu, pengembangan sebuah bahan ajar tematik diperlukan.

Tujuan pengembangan antara lain: (1) Mengembangkan bahan ajar tematik anak bangsa berperilaku
ekonomi Indonesia sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945, (2) Menganalisis kelayakan bahan ajar,
dan (3) Menguji efektivitas bahan ajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Subyek pengembangan adalah siswa kelas IX MTs Negeri Malang 3. Penelitian ini menggunakan model
pengembangan R2D2 (Reflective, Recursive, Design, and Development) dengan instrumen angket,
wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil pengembangan menujukkan: (1) Berdasarkan hasil penilaian ahli materi ekonomi diperoleh hasil
bahwa bahan ajar sangat layak dengan persentase 91,46%, (2) Berdasarkan hasil penilaian ahli media
diperoleh hasil bahwa bahan ajar sangat layak dengan persentase 81,57%. (3) Berdasarkan hasil
penilaian siswa diperoleh hasil bahwa bahan ajar sangat menarik dengan persentase 88,25%. (4)
Berdasarkan hasil belajar siswa diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan nilai siswa dengan persentase
72,32%.

Kata Kunci : pengembangan, bahan ajar, tematik, ekonomi Indonesia


Full Text: 18-22