Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Hasil-Hasil Penelitian

Font Size: 
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BERBASIS OPTIMALISASI LESSON STUDY DI SMP NEGERI 1 MRANGGEN
Mei Sulistyoningsih, M. Anas Dzakiy, Henry Januar Saputra

Last modified: 2013-11-29

Abstract


Tantangan pendidikan dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dewasa ini semakin berat. Guru bertugas menyiapkan calon sumber daya manusia yang berkualitas dan tangguh, sehingga guru harus memiliki kualifikasi dan kompetensi yang memadai. Agar guru mampu menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran tersebut, maka diperlukan sosok guru yang berkarakter kuat dan cerdas.

Penelitian ini bertujuan untuk memberi pelatihan, pembinaan dan pengarahan lesson study; praktek pelaksanaan dan pendampingan lesson study; dan peningkatan keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian dilakukan bulan Pebruari-April 2011 di SMP Negeri 1 Mranggen, sampel penelitian adalah kelas VII semester 2 khusus kelas olahraga. Variabel bebas penelitian ini adalah pendidikan karakter dan lesson study, variabel terikatnya peningkatan kompetensi guru dan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasar respon peserta didik, terjadi peningkatan respon positif dari pra siklus ke siklus I sebesar 11,5%. Selain itu, hasil ketuntasan hasil belajar untuk pra siklus, belum tuntas 62,5% dan tuntas 37,5 %. Setelah adanya penerapan pendidikan karakter bangsa berbasis optimalisasi lesson study ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 100%.

Kata kunci : Kompetensi guru, Pendidikan karakter, Lesson study, hasil belajar siswa

Full Text: PDF