Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Hasil-Hasil Penelitian

Font Size: 
MENUMBUHKAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DALAM ALJABAR ABSTRAK DENGAN PENDEKATAN TEORI APOS
Nizaruddin Nizaruddin, Rasiman Rasiman, Yanuar Hery Murtianto

Last modified: 2018-06-08

Abstract


Fokus penelitian ini adalah menumbuhkan karakter mahasiswa melalui pengembanganprototipe bahan ajar aljabar abstrak berbasis teori APOS. Teori APOS menggunakan sikluspembelajaran ACE yang terdiri dari tiga komponen yaitu :aktivitas, diskusi kelas dan latihan.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur awal penelitian ini terdiri dari:analisis kebutuhan, kajian literatur tentang teori APOS, kurikulum aljabar abstrak, perancanganprototipe bahan ajar dan evaluasinya. Penelitian dan pengembangan yang digunakan meliputiempat tahapan yaitu: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4)penyebarluasan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dan difokuskan pada validasi bahanajar yang dikembangkan. Desain prototipe divalidasi oleh dua orang validator yang memilikikeahlian dalam aljabar abstrak. Validasi yang dilakukan meliputi validasi bahan ajar secarakonten dan konstruk. Hasil penelitian ini adalah: menghasilkan prototipe bahan ajar aljabarabstrak yang menumbuhkan nilai karakter seperti: kedisiplinan, ketekunan, kepercayaandiri,tanggung jawab, dan kejujuran. Teori apos diintegrasikan dalam bahan ajar dandiimplementasikan melalui proses pembelajaran yang berbasis keaktifan, proses,tujuan danskema dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa.

Kata kunci:karakter mahasiswa, teori APOS, aljabar abstrak.


Full Text: PDF