Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2016

Font Size: 
ON PENGGUNAAN MODEL EVALUASI RANAH KOGNITIF BERBASIS PROGRAM MACROS
Djoko Purnomo, Harjito Harjito, Rina Dwi Setyawati, Muhammad Prayito

Last modified: 2016-10-07

Abstract


Abstrak

Sejalan dengan perubahan kurikulum 2013 ini, maka proses pembelajaran lebih mengarah pada pembelajaran aktif dan guru akan disibukan dengan pengawalan proses pembelajaran, sambil melalkukan penilaian otentik, baik pada ranah koqnitif, ranah afektif, maupun ranah psikomotor. Pelaksanaan penilaian dalam setiap kali proses pembelajaran atau periode tertentu, mengakibatkan beban koreksi para guru akan bertambah. Belum lagi kewajiban guru melakukan penilaian sikap, unjuk kerja, proyek, dan portofolio. Tujuan khusus penelitian ini adalah: penerapan perangkat pembelajaran berbentuk model evaluasi pembelajaran ranah kognitif berbasis program macros pada SMA Kelas X berdasar kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Populasi yang dgunakan adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika pada perguruan tinggi di Semarang. Hasil penelitian dan pengembangan aplikasi model evaluasi berbasis program macros adalah efektif. Pengujian skala besar meliputi tahap operational field testing dan final product revision, yaitu uji coba di kelas yang lebih luas yang mencakup mahasiswa di program studi pendidikan matematika dibeberapa universitas yaitu Universitas PGRI Semarang, Universitas Islam Sultan Agung dan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Respon yang diberikan oleh mahasiswa Universitas PGRI Semarang, Universitas Islam Negeri walisongo semarang dan Universitas Islam Sultan Agung adalah respon yang positif.

 

Kata Kunci: Model, Alat Evaluasi, Kurikulum

 

Abstract

In line with this 2013 curriculum change, then the learning process in more directed at active learning and teachers will be busy with the escort of the learning process while doing goog authentic assessment in cognitif, affective and psychomotor. Implementation of the assessment in any learning process or certain period result in the burden of eacher correction will increase. Not to mention the obligation of teachers to assess attitudes, performance, portofolio and project. The specific objective of this research is the application of the learning evaluation model of the cognitive domain based macros program at the high school class of X based on the curriculum of 2013. The method used in this research is research and development followed the procedure developed by borg and Gall. The population in this study is mathematics education student at universities in semarang. The result showed that development of evaluation model of the cognitive domain based macros program is effective. Large scale testing includes operational field testing phase and final product revision carriout in the wider classs that includes students of mathematics education at several university namely PGRI Semarang University, Islamic University of Sultan Agung and the state Islamic University Walisongo Semarang. Responses given by students at the university namely PGRI Semarang University, Islamic University of Sultan Agung and the state Islamic University Walisongo Semarang is positive.

Keywords: Model, .evaluation tool, curriculum.


Full Text: PDF